Sunday, December 4, 2011

[info] INILAH POHON-POHON TERTUA DI DUNIA YANG MASIH ADA

Quote:

Originally Posted by PESAN TS
Sebelumnya, jika merasa thread ini bagus dan bermanfaat...jangan lupa rate nya ya gan :D

THX

[imagetag]

Quote:

Halo gan ketemu lagi nih ama nab,kali ini nab coba mengangkat topik sangat sangat unik dan istimewa.mw tw?

penasaran? yuk kita lihat
:)

Quote:

"OLDEST LIVING TREE ( POHON TERTUA DI DUNIA)"
[imagetag]
Pohon dibedakan dari semak, Semak juga memiliki batang berkayu, dan bentuknya jauh lebih kecil dibanding dengan bentuk pohon. Demikian juga pisang bukan pohon karena tidak memiliki batang sejati yang berkayu. Jenis-jenis mawar hias lebih tepat disebut semak daripada pohon karena batangnya walaupun berkayu tidak berdiri tegak dan habitusnya cenderung menyebar menutup permukaan tanah.
Dalam bahasa sehari-hari, pengertian pohon agak lebih luas, yang dalam botani disebut "pohon semu". Contoh paling umum dari kasus ini adalah "pohon" pisang.
trus apanya yg menarik? tahukah agan di bumi kita ini ada beberapa atau sejumlah pohon yang memiliki umur mencapai ribuan tahun?.ya tidak hanya hewan saja yang bisa mempunyai umur panjang,pohon juga tidak mau kalah loh gan,bahkan umur sebuah pohon tertua saat ini yang masih hidup sudah mencapai 4000 tahun!!....emang bisa tau darimana umurnya klo ga ditebang? eits,para peneliti telah menemukan sebuah rumus untuk mengetahui berapa umur sebuah pohon tanpa menebangnya,hanya melalui besar diameter pohon tersebut saja.

Ukurlah keliling batang pohon dalam satuan sentimeter pada tempat yang tak memiliki akar tumbuh. Kemudian bagi angka itu dengan 2,5. Jika keliling sebuah pohon 250 cm, berarti usia pohon tersebut 250:2,5 = 100 tahun. Beberapa pohon memang tak mengikuti ketentuan itu. Kayu merah dan cemara tumbuh lebih cepat, sedangkan pohon jeruk tumbuh lebih lambat. Bahkan pohon palem sama sekali tak mengikuti pola itu.

namun cara ini cuma bisa di lakukan pada pohon-pohon daerah temprate atau 4 musim
jadi ketika musim salju/dingin, pohon akan berdormansi atau tidur,
sehingga pertumbuhan kambium terhenti
ketika masuk musim semi pertumbuhan itu kembali seperti semula
sehingga nampak bekas pertumbuhan yang terhenti dan berlanjut
sehingga muncul pola

nah di indonesia
yang iklim hujan tropis
pohon akan teruz berkembang
jadi gimana mo liat cincin pohon?
kalo kambium teruz bergerak

beberapa penampakannya gan :)
Quote:


Quote:

Spoiler for big tree:
[imagetag]

INILAH LIST 10 POHON TERTUA SAAT INI YANG MASIH HIDUP

Quote:

Spoiler for 10 .Sequoia sempervirens(californian redwood (2200 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
Sequoia sempervirens (diucapkan / sɨkwɔɪ.ə sɛmpərvaɪrənz ) adalah spesies yang tunggal yang hidup dari genus Sequoia dalam keluarga cemara Cupressaceae (sebelumnya dirawat di Taxodiaceae). Nama-nama umum termasuk pantai redwood , California redwood, dan kayu merah raksasa . Ini adalah, cemara berumur panjang, pohon yang umur rata2nya 1200 - 1800 tahun atau lebih.Jenis ini termasuk pohon tertinggi di Bumi, mencapai hingga 379 kaki (115,5 m) tingginya (tanpa akar) dengan diameter pohon mencapai 26 kaki (7,9 m)

Quote:

Spoiler for 9 Jaya Sri Maha Bodhi (2217 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
Jaya Sri Maha Bodhi adalah pohon Suci di Anuradhapura, Sri Lanka. . menurut cerita pohon ini ditanam pada 288 SM, dan merupakan pohon tertua ditanam manusia di dunia dengan tanggal tanam yang dikenal.
pohon ini ditanam di teras yang tinggi sekitar 6,5 m (21,3 kaki) di atas tanah dan dikelilingi oleh pagar, dan hari ini adalah salah satu peninggalan paling sakral dari umat Buddha di Sri Lanka dan dihormati oleh umat Buddha di seluruh dunia. Tembok ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Sri Kirthi Rajasingha, untuk melindunginya dari gajah liar yang mungkin telah merusak pohon

Quote:

Spoiler for 8 Pinus aristata (2435 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
pohon ini adalah pohon paling tertua yang ditemukan di pengunungan rocky,menurut data dari peneliti yang menemukannya,pohon ini telah hidup dari 442 SM.pohon ini adalah pohon tertua diantara 12 pohon pinus yang ditemukan di pegunungan tersebut

Quote:

Spoiler for 7.Sierra Juniper (2675 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
Ini Juniper Sierra (Juniperus occidentalis var. Australis) yang biasanya berada pada ketinggian 9000 'di lereng berbatu di Gunung Pine Wilderness.pohon ini sangat mengesankan dalam usianya. Pertanyaannya adalah, berapa lama umurnya?

Junipers sangat lambat tumbuh dan tampaknya lebih suka kondisi kering dan sulit yang dapat menghasilkan pohon yang hidup panjang. Dua junipers lebih dari 2000 tahun yang tercantum dalam OLDLIST, database usia pohon ilmiah ini didukung oleh Rocky Mountain Tree-Ring Research, Inc.


Quote:

Spoiler for 6.Muir Snag (giant sekuoya (3033 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
Sequoiadendron giganteum (raksasa sekuoya, Sierra redwood, Sierran redwood, atau Wellingtonia) adalah satu-satunya spesies yang hidup di genus Sequoiadendron , dan salah satu dari tiga jenis pohon konifer yang dikenal sebagai kayu merah, diklasifikasikan dalam Cupressaceae keluarga di Sequoioideae subfamili, bersama-sama dengan Sequoia sempervirens (redwood pantai) dan Metasequoia glyptostroboides (redwood fajar). Penggunaan umum dari nama "sekuoya" umumnya mengacu pada Sequoiadendron, yang terjadi secara alami hanya dalam kebun di lereng barat Pegunungan Sierra Nevada California.giant sekuoya adalah pohon terbesar di dunia.

Quote:

Spoiler for 5.d-23 (giant sekuoya (3075 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
yup pohon ini adalah pohon kelima tertua di dunia yang datanya tercatat. ditemukan pada tahun 1919 oleh douglas,pohon ini adalah salah satu dari 2 pohon tertua yang ditemukannya.tidak banyak data yang diketahui tentang pohon ini,namun bisa dipastikan harus lebih dari 10 orang untuk memeluk batangnya :)

Quote:

Spoiler for 4.d-21(giant sekuoya (3220 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
ini adalah pohon tertua yang ditemukan oleh douglas pada tahun 1919,terletak di sieera nevada california.tidak hanya tua pohon ini juga merupakan pohon tertinggi ke 4 di dunia.tidak ada banyak data tentang pohon ini selain umurnya yang tua .

Quote:

Spoiler for 3.CBR26(giant sekuoya (3220 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
mungkin pohon ini terbilang kecil untuk pohon2 yang sejenis dengannya,baik ukuran volume maupun tingginya. namun dalah hal tertua,pohon ini adalah pohon tertua ketiga di dunia yang ditemukan oleh Malcolm Hughes, Ramzi Touchan, Ed Wright.pohon ini juga terletak di sierra nevada,california (ada 4 pohon tertua disini ternyata).

Quote:

Spoiler for 2.Fitzroya ( Fitzroya cupressoides (3622 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
Spesies yang hidup tunggal, Fitzroya cupressoides, adalah tumbuhan asli pegunungan Andes selatan Chili dan Argentina, di mana ia merupakan anggota penting dari hutan hujan beriklim Valdivian. Nama ilmiah genus kehormatan Robert FitzRoy; nama-nama umum termasuk lahuan (nama asli Mapuche Amerika), alerce (Amerika Selatan Spanyol), dan Patagonian Cypress.Pada tahun 1993 sebuah spesimen dari Chili ditemukan berumur 3622 tahun, sehingga usia tertua kedua sepenuhnya diverifikasi (dengan menghitung cincin pertumbuhan), setelah Bristlecone Pine Great Basin

Quote:

Spoiler for 1.METHUSELA (Pinus longaeva (4842 tahun):
[imagetag]

Spoiler for :
Metusalah adalah Great Basin Bristlecone Pine (Pinus longaeva) pohon yang tumbuh tinggi di Pegunungan Putih dari Inyo County di California timur. diukur Berumur dari 4.842 tahun membuatnya pohon hidup tertua di dunia yang dikenal. Pohon kuno dinamai Metusalah, seorang tokoh Alkitab yang memiliki umur terpanjang yang disebutkan dalam Alkitab dari 969 tahun.


nih gan sumbernya
Quote:

Originally Posted by SUMBER

Quote:


hehehe...akhirnya selesai juga threadnya....hehe semoga menambah informasi buat agan2 semua ya :D

mudah2an tidak :repost: deh.....
klo repost jgn :batabig ya ....

OH IYA YG PALING PENTING GAN....JGN LUPA :cendolbig NYA YA

THX YA GAN!

Quote:

Originally Posted by SPONSOR
[imagetag]

Evilofme 04 Dec, 2011

Admin 04 Dec, 2011


--
Source: http://kaskus-forum.blogspot.com/2011/12/info-inilah-pohon-pohon-tertua-di-dunia.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment