Tuesday, January 10, 2012

UGM Kembangkan Konverter Gas

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
[imagetag]

108CSR.com - Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan konverter mobil gas ke bensin untuk mobil termasuk konverter untuk hidrogen, diesel dan untuk sepeda motor. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah melakukan pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada April 2012.

"Salah satu konverter itu dipasang ke mobil gas penelitian UGM. Konverter ini bisa mengubah tenaga gas ke bensin," ujar Ketua tim Mobil Penelitian Gas UGM, Dr. Jayan Sentanuhady, Selasa (10/1/2012).

Menurut Jayan pengembangan prototipe sudah dikembangkan sejak tahun 2009 dan cara kerjanya cukup sederhana. Dimulai dari tabung gas bertekanan 200 bar di jok belakang mobil. Selanjutnya gas tersebut disalurkan ke bagian mesin di depan. Melalui konverter yang ada tekanan bisa diturunkan menjadi 2-3 bar sebelum akhirnya masuk ke bagian injeksi gas dan manipol.

"Prinsipnya sederhana saja karena tenaga gas ini bisa diubah (switch) dengan bensin ketika mobil berjalan maupun dengan kecepatan tinggi," papar dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri ini.

Jayan mengakui untuk mendapatkan tabung gas masih terbatas seperti di Jakarta, Palembang, dan Surabaya. Sedangkan pemanfaatan konverter gas membuat mesin ramah lingkungan karena emisi gas buangnya yang lebih bersih daripada bensin. Selain itu harga gas lebih murah sampai 50 persen ketimbang bensin

"Akan sangat sesuai apalagi diperkirakan 50 tahun ke depan kita sudah pada era penggunaan bahan bakar hidrogen. Sedangka proses selanjutnya standarisasi konverter kit, perawatan hingga uji ketahanan mesin agar bisa dimanfaatkan masyarakat," tandas Ketua mobil SEMAR UGM ini. (ary/int)

sumber

komen ts : nada2nya dunia otomotif indonesia sedang mulai bangkit ya, ya semoga aja bisa terus maju dengan inovasi2 baru:iloveindonesias

didinezh 10 Jan, 2012

Admin 10 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/ugm-kembangkan-konverter-gas.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment