Monday, January 9, 2012

Wow! Tower PLN di Aceh Digergajiii

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Tower PLN Nomor 354 di Desa Matang Sijuk Barat, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, tumbang ke dalam tambak akibat digergaji orang tak dikenal. Efeknya, terjadi pemadaman aliran listrik dimulai dari Panton Labu Aceh Utara hingga Banda Aceh, selama satu jam, yakni pukul 23.30 Wib-00.30 WIB, Minggu dinihari (8/1/2012).

"Namun pemadaman hanya satu jam saja. Karena dari dua line jaringan pada tower tersebut, hanya satu yang jatuh ke tanah, sedangkan satu line tergantung di atas. Jadi sementara ini, hanya line di atas yang digunakan. Sedangkan untuk perbaikan, kita sedang pesan tower ermegency dari Medan. Mungkin waktu perbaikan butuh dua tiga hari," ujar Manajer PLN Area Lhokseumawe Ir Defiar Anis, Minggu pagi.

sumber


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Aceh A jun Komisaris Besar Gustav Leo, mengungkapkan, polisi menemukan gergaji di sekitar tower jaringan listrik PLN di Kecamatan Baktiya, Aceh Utara yang ditemukan roboh Minggu (8/1/2012) pagi. Gergaji tersebut diduga kuat dipakai pelaku untuk merobohkan menara itu. Ditemukan pula sejumlah botol plastik minuman soda.

Dari temuan di lokasi kejadian itu dugaan kami memang ada kesengajaan untuk memotong tower itu. Tapi, kami belum dapat menyebut ini sabotase. Masih akan kami selidiki dan cari pelakunya, kata Gustav, Minggu.

Seperti diketahui, satu unit menara jaringan listrik tegangan tinggi interkoneksi PLN yang berada di Desa Matang Sijuk Barat, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, Minggu roboh.

Robohnya menara jaringan listrik 150 KV yang menghubungan Sumatera Utara-Aceh it u diduga kuat karena digergaji orang tak dikenal. Akibat perobohan itu, aliran listrik di sejumlah kabupaten dan kota di Aceh terganggu sejak Sabtu (7/1/2012) malam.

"Polisi belum melihat adanya keterhubungan antara perobohan menara listrik PLN tersebut dengan serangkaian kejadian penembakan misterius di Aceh beberapa waktu terakhir. Semuanya masih dalam penyelidikan," tegas dia.

Kondisi menara listrik yang dipotong tersebut hingga Minggu sore masih ambruk ke arah areal pertambakan milik warga setempat dengan posisi miring sekitar 30 derajat dari tanah. Ujung atas menara dalam posisi tergantung karena tertarik kabel yang masih terpasang dan terhubungkan dengan tower sebelum dan sesudahnya.

Posisi menara yang roboh itu jauh dari permukiman terdekat, yaitu sekitar 1 kilometer. Diduga, pelaku sengaja memilih tower yang jauh dari permukiman untuk memuluskan aksinya.

sumber

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Manajer PLN Area Lhokseumawe, Defiar Anis, mengatakan, ada dua sirkuit yang terhubung melalui menara jaringan listrik PLN di Baktiya, Aceh Utara yang ditemukan roboh, Minggu (8/1/2012).

Satu sambungan sirkuit tak bisa dipakai karena posisinya sudah terlalu dekat dengan tanah. PLN hanya menggunakan satu sambungan sirkuit untuk mengalirkan listrik yang berada di bagian atas.

"Karena ada menara yang roboh tersebut, aliran listrik sempat dipadamkan. Lalu kami menghidupkan semua diesel dan ternyata aliran masih bisa karena satu sirkuit sambungan masih memungkinkan. Jadi, sementara hanya satu sambungan yang digunakan, yaitu yang di atas," kata Defiar, Minggu.

Menara jaringan listrik PLN yang ditemukan roboh adalah menara nomor 354. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan PLN, tak ada kabel yang terputus akibat ambruknya menara.

Seperti diketahui, satu unit tower jaringan listrik tegangan tinggi interkoneksi PLN yang berada di Desa Matang Sijuk Barat, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, Minggu (8/1/2012) roboh.

Robohnya menara jaringan listrik 150 KV yang menghubungan Sumatera Utara-Aceh itu diduga kuat karena digergaji orang tak dikenal. Akibat perobohan itu, aliran listrik di sejumlah kabupaten dan kota di Aceh terganggu sejak Sabtu (7/1/2012) malam.

Akibat menara roboh itu, wilayah-wilayah seperti Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireun, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, hingga Banda Aceh mengalami gangguan aliran listrik.

Di Kota Banda Aceh sempat terjadi listrik padam selama hampir satu jam antara pukul 23.00 hingga pukul 00.00. Hingga Minggu siang, sebagian titik di Banda Aceh juga masih padam. Kondisi tersebut berakibat terjadinya gangguan kelancaran lalu lintas di sejumlah simpang karena lampu lalu lintas tak berfungsi.

sumber


kalo diliat siiih kayaknya unsur sabotase :mad:
kalo ada bagian-bagian yang ilang berarti itu pencurian :mad: ngga jauh siih, paling duit hasil curiannya dipake buat bli miras :mads

udah lebih dari 5 taun aceh nikmati masa kedamaian skarang mao dirusak lagiiii?? :batas

LoE_Seifer 09 Jan, 2012

Admin 09 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/wow-tower-pln-di-aceh-digergajiii.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment