Tuesday, January 3, 2012

(Pic) Yuk Mengenang Gus Dur dari Humornya!!

Sumber: www.mizan.com

Haul Gus Dur ala Mahfud MD; Mengenang Gus Dur dari Humornya

Saat menjabat sebagai Presiden Indonesia, Gus Dur pernah bertemu dengan para romo (pastor) seluruh Keuskupan Agung Semarang. Saat itu, ia menyempatkan bercerita. Ktanya, di suatu negeri, ada segolongan pastor yang hobi berburu binatang buas. Suatu saat, selesai misa hari Minggu, seorang pastor pergi ke hutan untuk berburu. Ia melihat seekor harimau. Langsung sang pastor mengokang senapannya dan menembak; "Dor..dor!" Tapi, ternyata tembakannya meleset dan sang harimau balik mengejar sang pastor. Pastor segera berlari mengambil langkah seribu. Namun, tiba-tiba si pastor berhadapan dengan jurang yang dalam. Si pastor langsung berhenti, berlutut dan mengatupkan tangannya berdoa sebelum diterkam harimau. Ia berdoa sebelum mati.

Selesai berdoa, sang pastor terheran-heran karena ternyata ia masih hidup, tidak diterkam harimau. Waktu ia menoleh ke kanan, dilihatnya harimau itu berlutut di sampingnya dan berdoa sambil mengatupkan kedua kaki depannya. Si pastor lalu bertanya kepada harimau, "Harimau, kamu kok tidak menerkam saya, malah ikut-ikutan berdoa seperti saya. Kenapa?" Harimau menjawab; "Ya, saya sedang berdoa. Berdoa sebelum makan!"

Itulah salah satu joke ala Gus Dur. Joke menjadi salah satu cirri khas Gus Dur. Saat ditanya, kenapa ia suka bercerita humor, Gus Dur mengatakan bahwa "Dengan lelucon, kita bisa sejenak melupakan kesulitan hidup. Dengan humor, pikiran kita jadi sehat." Sering kali humor juga menjadi media bagi Gus Dur untuk menyindir, mengkritik hingga memberikan nasehat atau pelajaran pada orang lain di sekitarnya.

Nilai khas Gus Dur yang hobi berhumor itulah yang dieksploitasi oleh Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, untuk ‎memperingati 2 tahun wafatnya Gus Dur. Di kediaman dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin malam (2/1), Mahfud menggelar acara "Mengenang Humor-humor Gus Dur". Acara ini dihadiri oleh istri Alm Gus Dur Shinta Nuriyah, Said Aqil Siraj (Ketua PBNU), Lukman Hakim (Wakil Ketua MPR), Akbar Tandjung (Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar), Ryaas Rasyid, Hasyim Muzadi, hakim-hakim konstitusi, pengamat, serta sahabat dan murid Gus Dur.

Apa yang dilakukan Mahfud dalam mengenang Gus Dur ini cukup unik dan beda. Sebab, selama seminggu ini, banyak majlis yang dibuat untuk mengenang Gus Dur dengan mengaji, bertahlil dan menggelar seminar membedah pemikiran Gus Dur. Namun, Mahfud memiliki alasan tersendiri. Menurutnya, selain pengetahuannya yang sangat luas, sikap politik dan pengabdiannya kepada masyarakat yang sangat kuat, Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh yang kaya humor dalam menyampaikan pesan tertentu. Karenanya, membedah humor-humor Gus Dur, selain menarik juga bernilai intelektual. Sebab, humornya bukan humor sembarangan. Humornya kaya pesan, hikmah dan teladan. "Ketika saya jadi menteri, Gus Dur menasihati saya dengan cerita lucu untuk teguh pendirian dan cepat mengambil keputusan. Itu menyampaikannya humor, tapi maksud dia semua pemimpin itu tidak boleh ragu," ungkap Mahfud.

Dalam acara itu, semua orang yang pernah mendengar atau mendapat langsung humoran Gus Dur diberi kesempatan untuk mengisahkannya kepada khalayak yang hadir di acara tersebut. Maka, gelak-tawa hingga terbahak-bahak menjadi salah satu pemandangan paling menonjol malam itu.


Sumber: www.mizan.com


[imagetag]

h2rm0n1 03 Jan, 2012

Admin 03 Jan, 2012
-
Source: http://kaskus-forum.blogspot.com/2012/01/pic-yuk-mengenang-gus-dur-dari-humornya.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment