Tuesday, January 3, 2012

Mobil Pribadi Tinggal Pilih Pake LGV Atau Pertamax !

sumber

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Widjajono Partowidagdo, mengemukakan, mobil pribadi diberikan pilihan untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax atau LGV (liquid gas for vehicle). Opsi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membatasi konsumsi BBM bersubsidi.

"Jadi, walaupun nanti mobil pribadi itu 2012 secara bertahap memakai pertamax, tapi dia punya pilihan untuk beralih ke yang lain. Salah satu di antaranya adalah kalau dia menggunakan LGV atau bisa juga CNG. (Kalau) kendaraan umum sepakat nanti akan diarahkan ke BBG atau CNG," ujar Widjajono, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (3/1/2012).

Mengenai LGV, ia menerangkan, Indonesia sendiri sudah bisa memproduksi. Kalaupun harus mengimpor, impor LGV lebih murah ketimbang mengimpor bahan bakar minyak (BBM). Widjajono mengatakan, harga LGV sekitar 60 persen dari harga BBM. "Kita juga memproduksi, tapi kalau enggak cukup ya bisa diimpor. Tapi itu tidak masalah," tambah dia.

Jadi, terang Widjajono, LGV itu seperti halnya LPG yakni gas yang tekanannya rendah. "Jadi lebih gampang (digunakan) untuk kendaraan pribadi," tegas dia. Ia pun menyebutkan, pemerintah mungkin akan menyubsidi alat converter yang harganya sekitar Rp 15 juta, namun porsinya hanya separuh harga.

Seperti diberitakan, pemerintah sedang berupaya membatasi konsumsi BBM bersubsidi pada tahun ini. Pasalnya, tahun lalu kuota sebesar 40,49 juta kiloliter yang tercantum dalam APBN-Perubahan 2011 terlampaui. Pemerintah pun harus menambah volume sebesar 1,5 juta kiloliter. Otomatis anggaran subsidi pun melonjak hingga mencapai Rp 160 triliun pada tahun 2011.




Jadi LGV itu semacam LPG rumahan tapi tekanannya rendah. jadi, mau pilih pertamax atau lgv gan? :D

idungpenyok 03 Jan, 2012

Admin 03 Jan, 2012
-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/mobil-pribadi-tinggal-pilih-pake-lgv.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment