Tuesday, January 3, 2012

Menteri PAN Wajibkan Seluruh PNS Lapor Kekayaan ke KPK. Kenapa Jumlah Bini, tidak?

Menteri Wajibkan Seluruh PNS Lapor Harta Kekayaan ke KPK
Selasa, 03 Januari 2012 , 16:43:00

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar mewajibkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) melaporkan harta kekayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kebijakan ini dikeluarkan sebagai upaya dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan PNS. "Pada prinsipnya, seluruh PNS diwajibkan melaporkan harta kekayaannya. Adanya temuan PPATK tentang rekening gendut PNS juga menjadi salah satu indikator mengapa harus kewajiban melaporkan harta kekayaan," kata Azwar Abubakar di kantornya, Selasa (3/1).

Di dalam peraturan Menpan sebelumnya memang sudah diatur tentang kewajiban PNS untuk melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Namun, pelaporannya hanya dibatasi pejabat eselon I dan II saja. "Pelaporan harta kekayaan ke KPK memang sudah diatur, tapi kan tidak jalan. Makanya mulai tahun ini, itu sudah diwajibkan bagi seluruh PNS," tegasnya. Meski menjadi kewajiban, namun aturan tersebut tidak pakem. Golongan I dan II tidak diwajibkan melaporkan harta kekayaannya. Yang diwajibkan adalah golongan III ke atas.

"Kalau golongan I dan II tidak perlu, karena mereka tidak berurusan langsung dengan pelaksana anggaran atau program," ucapnya. Lantas bagaimana mekanisme pelaporannya? Menurut Azwar akan dipisahkan mana laporan yang dimasukkan ke atasan, inspektorat atau KPK. "Mekanisme lebih lanjut akan kita bahas bersama dengan KPK. Sebab KPK punya undang-undang sendiri, di mana kewajiban melaporkan harta kekayaan adalah penyelenggara negara," tandasnya.
http://www.jpnn.com/read/2012/01/03/...kayaan-ke-KPK-

----------------

Kurang itu kalau hanya melaporkan jumlah HARTA. Seharusnya juga ikut dilaporkan, berapa jumlah bini terakhir, satu atau lebih dari satu. Sebab, korupsi juga salah satunya akibat tingginya biaya rumah tangga si Koruptor, gara-gara mengambil bini lebih dari satu, padahal kemampuan ekonominya pas-pasan. Akhirnya korupsilah, agar bini mudanya tetap setia melayani, tidak minta di PHK karena ada orang lain yang lebih mampu mengasuhnya dan memberikan harta yang lebih besar .... :D

onmixz 03 Jan, 2012

Mr. X 03 Jan, 2012
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/menteri-pan-wajibkan-seluruh-pns-lapor.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment