Friday, January 6, 2012

Menteri Keuangan Upayakan Insentif Fiskal Esemka

Quote:

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyambut baik produksi mobil nasional Esemka oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surakarta. Dukungan Kementerian Keuangan dalam bentuk pencarian insentif fiskal agar produksi Esemka mendukung perekonomian nasional.

"Dari sisi fiskal akan kami cari dan pelajari bentuk-bentuk inisiatif seperti apa yang bisa kami dukung," katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat 6 Januari 2012. Perumusan insentif fiskal, kata Agus, menunggu informasi lengkap mengenai Esemka dari Kementerian Perindustrian. "Saya mesti dapat brief (penjelasan) tentang industrinya, prosesnya," ujarnya. Dan membutuhkan informasi mengenai sumber daya, teknologi yang digunakan, dan hak cipta. "Harus benar-benar kami pelajari apakah memag kontribusi dari lokal itu mayoritas," katanya.

Agus mengatakan pembuatan mobil nasional merupakan terobosan yang ditunggu oleh pemerintah. "Inisiatif mobil nasional betul-betul kami inginkan, kami berikan dukungan besar," katanya. Kehadiran Esemka membangkitkan kembali semangat meghidupkan proyek mobil nasional. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh ingin menghadiahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono. Tapi juru bicara kepresidenan Julian Aldrian Pasha mengatakan Presiden belum bisa berkomentar.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan pemerintah serius dalam menciptakan mobil nasional. Buktinya pemerintah selalu memberikan dana penelitian dan pengembangan bagi perusahaan yang berinovasi dalam proyek mobil nasional. Budi mencontohkan PT Wahana Cipta Karya Mandiri yang memproduksi mobil Arina dan PT INKA yang memproduksi GEA. Mobil Esemka menjadi perhatian publik setelah Wali Kota Surakarta Joko Widodo menjadikan mobil bermesin 1500 cc tersebut sebagai mobil dinas. Beragam dukungan mengalir pada terobosan Jokowi--sapaannya. Namun tidak sedikit pejabat negara baik pusat maupun daerah yang mencibir Wali Kota yang terpilih selama dua periode tersebut.

satu langkah lagi maju lagi untuk esemka

SUMBER

Ruang Pamer Dadakan ala Jokowi
Perakit Esemka Harus Diberi Beasiswa

Rianthz 06 Jan, 2012

Admin 06 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/menteri-keuangan-upayakan-insentif.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment