Monday, January 2, 2012

Kemiskinan di Indonesia Sudah Kronis

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menilai kemiskinan di Indonesia sudah pada tahap kronis. Pemerintah sangat kesulitan hanya mengurangi 1% tingkat kemiskinan saja.

"Penduduk miskin itu lambat sekali penurunannya karena kita sudah pada kondisi masyarakat kemiskinan kronis atau hard core poorly jadi susah. Ini juga terdiri dari buta huruf," ujar Direktur Ketahanan Sosial BPS Hamonangan Ritonga saat ditemui di kantornya, Jalan Dr. Sutomo, Jakarta, Senin (2/1/2012).

Menurut Hamonangan, kemiskinan di Indonesia akan stagnan di level 10%. Hal ini karena masyarakat miskin berada pada daerah yang tidak terjangkau.

"Jadi kalau penurunan 1% tiap tahun itu berat tinggal mereka yang kurang berdaya tinggal daerah-daerah yang jauh dari jangkauan pemerintah, kalau ada raskin kadang-kadang mereka tidak dapat," jelasnya.

Hamonangan menyatakan untuk mengurangi kemiskinan perlunya bantuan yang tepat sasaran. Pasalnya, selama ini bantuan pemerintah dinilai belum memberikan dampak langsung dalam pengurangangan kemiskinan.

"Mau tidak mau ini mungkin tepat sasaran perlu programnya karena bagaimana pun orang yang 10% ini sebetulnya tidak berdaya jadi konsep pemberdayaan kurang tepat sama mereka kalau dikasih traktor mereka tidak mampu dikasih KUR ya tidak mampu tidak akan bisa mengembangkan usahanya ini kapasitasnya rendah," jelasnya.

"Ini pada taraf kemiskinan yang kronis, AS saja penduduk miskinnya 15% ini susah menurunkannya satu-satunya cara ya harus tepat sasaran," tandasnya.

http://finance.detik.com/read/2012/0...ronis?f9911013

Dudheq 02 Jan, 2012

Mr. X 02 Jan, 2012
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/kemiskinan-di-indonesia-sudah-kronis.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment