Saturday, December 10, 2011

Puncak Supermoon 2011

Welcome To My Thread



Quote:

Quote:

Spoiler for Puncak Supermoon:
Quote:

Lihatlah langit malam ini. Sebuah fenomena astronomi menarik, lunar perigee atau Supermoon bisa disaksikan, asal tak ada awan yang menggantung.

Malam ini, Sabtu 19 Maret 2011, Bulan akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 18 tahun. Bulan hanya akan berjarak 221.567 mil atau 356.578 kilometer.

Astronom Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan, sejak saat ini fenomena supermoon sudah bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. "Karena purnama telah terbit sejak maghrib, asal langit cerah,"Namun, puncak supermoon, tambah dia, baru akan terjadi pada Minggu dini hari. "Pada pukul 02.10 Waktu Indonesia Barat," tambah dia. Namun masyarakat tak perlu begadang untuk melihat fenomena ini, toh, pada puncaknya nanti perbedaan Bulan tak terlalu besar.

Malam ini, jelas Thomas, bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Sekitar 7 persen lebih besar. Namun, "dengan mata telanjang, susah untuk melihat perbandingannya. Tapi dengan teleskop akan terlihat pembandingnya, lebih besar," tambah dia.

Meski merupakan fenomena yang jarang, Thomas mengingatkan agar masyarakat tak terlalu heboh, apalagi menghubung-hubungkannya dengan bencana, khususnya gempa 9,0 skala Richter dan tsunami yang terjadi di Jepang, delapan hari sebelum Supermoon. "Ini adalah fenomena astronomi biasa, Bulan berada dalam jarak lebih dekat dengan Bumi."

Sebelumnya, Badan Antariksa Ameriksa Serikat (NASA) membantah dugaan supermoon terkait bencana. Ilmuwan Goddard Space Flight Center NASA, Jim Garvin menjelaskan, supermoon terjadi saat Bulan sedikit mendekat ke Bumi daripada rata-rata. Efek ini paling terlihat saat terjadi bulan purnama. "Bulan akan terlihat lebih besar, meski perbedaan jarak dari Bumi hanya beberapa persen di banding biasanya," kata dia seperti dimuat situs Space.com.


Spoiler for Supermoon di Bali:
Quote:

Malam ini, Sabtu 19 Maret 2011, Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi, sejak 18 tahun lalu. Fenomena ini disebut lunar perigee atau 'supermoon'. Waktunya yang bertepatan dengan purnama, membuat Bulan nampak lebih terang dan lebih besar.

Masyarakat Bali salah satu yang beruntung bisa menyaksikannya. Cuaca di Pulau Dewata sangat cerah, tidak ada mendung yang menutupi langit.Bulan terlihat sangat terang dan lebih besar dari biasanya. Bias cahaya di pinggir Bulan nampak terang dan melebar. Bulan juga nampak lebih dekat. Orang Bali menyebut fenomena kedekatan Bulan ini dengan istilah 'mekalangan' atau bulan besar.

Di tepi Danau Beratan, Bedugul, Bali jadi lokasi untuk melihat fenomena unik ini. Pantulan supermoon memancarkan bayangan di atas air danau. Shendy Tyara (24) pengunjung asal Kediri Jawa Timur misalnya, dirinya mengaku baru pertama kali datang ke Bedugul di saat momen yang sangat tepat.

"Saya baru pertama kali kemsini dengan suami, dan kebetulan momennya yang pas dengan supermoon. Saya rasa tidak rugi kesini karena memang indah sekali melihat terang bulan ditepi danau," ujarnya, Sabtu malam, 19 Maret 2011.

Dan tentu saja momen ini mendatangkan rejeki bagi para pedagang bakso, jagung bakar, dan sate kelinci.

"Biasanya kalau malam jarang ada pembeli karena memang danau biasanya dikunjungi pada siang hari saja," ujar Kadek, salah seorang pedagang jagung bakar.

Di Pura Ulundanu Beratan yang terletak ditepi danau itu pun banyak umat Hindu Bali yang melaksanakan upacara "Purnama Kedasa" atau purnama kesepuluh, dimana bulan pada hari tersebut merupakan bulan yang paling terang.

Setiap bulan dimana terdapat bulan purnama, umat Hindu Bali selalu melaksanakan upacara "Purnama" di Pura.
Fenomena supermoon juga bisa dilihat di Surabaya. "Bulan terlihat besar, bulat, dan berwarna oranye," kata salah seorang warga, Herry Widyanto, melalui Facebook.



Spoiler for Penampakan Supermoon:
Quote:

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]

Spoiler for SuperMoon:
[img][/img]

Spoiler for SuperMoon:
[imagetag]





Quote:

Spoiler for Sumber:




Spoiler for Open:
Quote:

Semoga ini menjadi Thread yang bermutu....


Jangan Lupa :cendolbig dan :rate5nya ya....
Harap lupain :batabig yaaa...

KebenaranAbadi3 10 Dec, 2011

Admin 10 Dec, 2011


--
Source: http://kaskus-forum.blogspot.com/2011/12/puncak-supermoon-2011.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment